PESAN MORAL IWAN FALS AGAR KITA MENABUNG POHON

Image

 

 

Hari baru telah datang menjelang
Kehidupan terus berjalan
Pohon-pohon jadikan teman
Kehidupan agar tak berhenti

Bukalah hatimu
rentangkan tanganmu
bumi luas terbentang

Satukan hati
Tanam tak henti
Pohon untuk kehidupan

Dihatiku ada pohon
Dihatimu ada pohon
Pohon untuk kehidupan

Tentram dan damai
Hidup rukun saling percaya
Hijau rindang sekitar kita

Andai esok kiamat tiba
Tanam pohon jangan ditunda
Terus tanam jangan berhenti

Alam lestari
Hidup tak bakal berhenti*
* Lagu “Pohon Untuk Kehidupan” oleh Iwan Fals

Siapa yang tak kenal Iwan Fals. Musisi yang terkenal dengan lirik lagunya yang berisi pesan moral dan kritik sosial. Penggemarnya berjuta-juta di seluruh penjuru Nusantara. Iwan Fals hingga saat ini tetap konsisten menyuarakan kepedulian sosial dan lingkungan terutama melalui lagu. Salah satu lagu yang populer saat ini adalah lagu berjudul ”Pohon untuk Kehidupan” yang liriknya tertulis di awal tulisan ini.

Menanam pohon sebenarnya adalah menanam harapan untuk tumbuhnya kehidupan yang semakin baik. Pohon memberikan berbagai bentuk manfaat baik secara materiil maupun spirituil. Menanam pohon dan merawatnya berarti memberi jalan bagi berlangsungnya kehidupan dan mencegah agar kehidupan kita tak terhenti. Hilangnya pohon bisa mendatangkan bencana dan berakibat hilangnya sebagian kehidupan di alam ini.

Siapapaun peduli terhadap kelestarian alam. Melestarikan alam melalui menanam pohon adalah panggilan hati nurani. Menanam pohon adalah juga perintah Ilahi pada semua umat manusia. Bahkan Iwan Fals mengutip sebuah ajaran dalam agama

”Andai Esok Kiamat Tiba, Tanam Pohon Jangan Ditunda”

Ungkapan bernilai spiritual itu begitu penting untuk kita renungi. Bahkan seandainya kiamat sudah didepan mata kita, benih yang kita pegang harus segera kita tanam. Dengan menanam, maka kita tidak menyia-nyiakan kesempatan berbuat baik sesempit apa pun peluang dan waktu yang kita miliki. Hikmah lain, bahwa kita diminta melakukan kebaikan sesegera mungkin tanpa menunda dan berhitung keuntungan yang akan diperoleh nanti.

Menabung pohon melalui menanam dan merawatya mengandung tidak hanya pesan pelestarian bumi secara fisik namun juga pesan moral untuk menabung kebaikan. Menanam pohon berarti memberikan bobot kebaikan pada bumi lewat pohon yang memberikan beragam manfaat baik secara fisik, moril dan spirituil. Agama pun menegaskan bahwa menanam pohon adalah jalan kebaikan yang sangat utama hingga kapan pun melakukannya akan bernilai kebaikan. Bahkan ketika apa yang kita tanam tidak kita nikmati, menanam pohon tetap bernilai kebaikan yang tinggi.

Simaklah dua kutipan Hadits yang memotivasi kita betapa tingginya nilai kebaikan menabung pohon,
Tidak seorang muslim pun yang menanam tanaman atau menaburkan benih, kemudian dimakan oleh burung atau manusia, melainkan dia itu baginya merupakan sedekah.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)”

Saya mendengar Rasulullah s.a.w. membisikkan pada telingaku ini, yaitu: Barangsiapa menanam sebuah pohon kemudian dengan tekun memeliharanya dan mengurusinya hingga berbuah, maka sesungguhnya baginya pada tiap-tiap sesuatu yang dimakan dari buahnya merupakan sedekah di sisi Allah.” (Riwayat Ahmad)

Sekali kebaikan tertanam, ia takkan tersia-sia. Bahkan bila kita kemudian merawat, menyiram, membersihkan pengganggu ”tanaman kebaikan” kita, maka kita bisa berharap akan memperoleh balasan atau hasil panen yang berlimpah kelak. Tidak hanya untuk kita, Sahabat, menanam pohon juga diperuntukkan buat ketentraman dan kedamaian makhluk lainn di alam ini.

Bila pohon tertanam hidup akan terus berjalan. Bencana tereduksi, kesejahteraan makhluk terjamin dan alam pun berseri karena adanya pepohonan. Benar ungkapan dalam lirik lagu diatas, ”Alam Lestari Hidup Tak Akan Berhenti”

Selamat menabung pohon dengan menanam pohon untuk kehidupan, Sahabat!

Selamat menanam pohon untuk kehidupan dengan hati dan merawatnya dengan sayang.

Salam lestari!

Image

 

sumber : http://green.kompasiana.com/penghijauan/2013/05/06/pesan-moral-iwan-fals-agar-kita-menabung-pohon-557385.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s